TIPS MEMILIH KARPET RUANG TAMU MINIMALIS

Karpet menjadi salah satu perlengkapan ruang tamu yang sangat wajib diperhatikan desainnya. Karena kehadiran karpet akan membuat ruang tamu semakin cantik dan estetik. Sesuai desain karpet ruang tamu dengan semua perlengkapan yang ada di ruang tamu. 

Mulai dengan sofa, cat atau wallpaper dinding, lampu, dan perlengkapan lainnya. Kombinasi warna yang selaras akan membuat ruang tamu semakin cantik dan estetik. Terutama ruang tamu minimalis, akan semakin terasa minalisnya dengan pemilihan karpet yang tepat.

karpet ruang tamu


Tips Memilih Karpet Ruang Tamu Minimalis

Berikut adalah tips memilih karpet ruang tamu minimalis yang dapat menjadi referensi anda sebelum membeli karpet untuk ruang tamu anda.

1. Sesuaikan dengan warna desain ruang tamu

Tips pertama adalah sesuaikan karpet dengan desain ruang tamu minimalis anda. Sehingga warna keduanya menjadi kombinasi warna yang sangat cantik dan membuat ruang tamu anda semakin estetik. Jadi pastikan sebelum anda membeli karpet untuk ruang tamu, desainnya sudah sesuai dengan desain ruang tamu anda.

2. Ukuran karpet

Tips kedua adalah jangan lupa untuk memperhatikan ukuran karpet yang akan anda beli dengan ukuran ruang tamu minimalis anda. Jangan sampai ukurannya terlalu besar atau justru terlalu kecil. Ukuran yang keliru akan membuat ruang tamu menjadi terasa lebih sempit. Dan nampak tidak enak dilihat.

3. Bahan karpet

Bahan karpet menjadi hal penting untuk diperhatikan ketika anda membeli karpet untuk ruang tamu minimalis anda. Bahan karpet harus disesuaikan apakah rumah anda berhawa dingin, atau berhawa panas. Sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah model yang menghangatkan atau sebaliknya.

Misalnya gunakan bahan berbulu untuk karpet yang lebih nyaman ketika anda tinggal di lingkungan yang hawa udaranya dingin, sehingga akan membantu membuat ruangan terasa lebih hangat, kaki anda juga nyaman saat menginjak lantai ruang tamu, atau saat anda bercengkrama dengan keluarga, suasana menjadi terasa hangat ketika harus duduk di lantai.

Bahan atau material karpet juga berpengaruh terhadap perawatannya. Sehingga belilah karpet yang perawatannya cukup mudah.

4. Perhatikan warna dan motif

Tips keempat adalah memperhatikan warna dan motif karpet. Selain ukuran, motif atau warna karpet juga wajib diperhatikan agar sesuai dengan desain ruangan tamu anda. Kombinasi warna atau motif karpet dengan desain ruang tamu, akan membuat ruang tamu anda semakin terlihat cantik, estetik, dan pastinya terlihat cantik.

5. Perhatikan tekstur karpet

Setiap karpet memiliki tekstur yang berbeda-beda, maka pilihlah tekstur karpet ruang tamu minimalis yang membuat nyaman saat digunakan. Selain itu saat memilih karpet jangan lupa untuk mempertimbangkan soal estetikanya. Karena karpet yang estetik akan membuat ruang tamu minimalis anda semakin cantik dan juga menarik.

Anda dapat memilih karpet yang berbulu tebal yang akan memberikan kenyamanan saat digunakan, namun kekurangannya adalah sulit dibersihkan. Tekstur karpet ini cocok untuk ruang tamu minimalis yang penghuninya lebih banyak duduk di karpet dibandingkan di kursi.

Sementara untuk karpet yang teksturnya rata cocok digunakan untuk ruang tamu yang karpetnya hanya menjadi alas saja. Anda dapat memilih banyak jenis tekstur ini, mulai dari anyaman yang unik sampai dengan berbagai pola timbul. Desainnya yang unik-unik akan membuat ruang tamu minimalis anda semakin cantik.

6. Perhatikan soal kualitas dan harga

Ada harga ada barang, istilah ini juga berlaku untuk karpet ruang tamu minimalis. Karpet berkualitas tentu saja harganya juga lumayan tinggi.  Karpet berbahan sintetis menjadi pilihan untuk harga hemat. 

Sementara untuk karpet dengan kualitas mewah dapat memilih bahannya dari wol, sutra, atau gabungan keduanya. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.

karpet ruang tau minimalis


7. Perhatikan cara perawatan

Salah satu tips memilih karpet ruang tamu minimalis yang tak kalah penting adalah perawatannya. Terutama anda yang memiliki anak kecil, karena bisa saja karpet terkena kotoran dari mainan anak-anak. Sehingga sangat penting membeli karpet yang mudah dibersihkan.

Karpet-karpet dengan jenis bahan seperti sintetis cukup mudah dalam perawatannya, sementara untuk bahan wol, sutra, atau gabungannya butuh perawatan ekstra dan pastinya dari sisi biaya juga lumayan besar. Pastikan juga memeriksa dengan benar bagaimana perawatan untuk karpet yang anda beli. Jika masih bingung bisa tanya ke penjualnya, apakah bisa dicuci sendiri atau bisa juga pergi ke laundry.

Itu dia beberapa tips bagaimana memilih karpet ruang tamu minimalis yang wajib anda perhatikan. Ada memiliki tips lain selain di atas boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

Referensi:

https://www.idntimes.com/life/diy/jamilah-46/memilih-karpet-untuk-ruang-tamu-c1c2.
https://www.brighton.co.id/about/articles-all/9-tips-memilih-karpet-ruang-tamu-yang-estetik-dan-minimalis
https://berita.99.co/tips-memilih-karpet-ruang-tamu-kecil/

5 Coment

  1. Terima kasih utk tipsnya ya..memang banyak faktor yg harus dipertimbangkan agar mendapatkan pilihan tepat sesuai ruangan kita ya...

    BalasHapus
  2. Beneer Kak, kudu milih bahan karpet yang pas, bukan hanya warna dan modelnya yg serasi dengan interior rumah. Kalau punya anak kecil apalagi yg masih balita, mending pake karpet plastik / yg mudah digulung aja. Biar mudah mindah dan bersihkan juga. Kalau maksa pake karpet tebal biar terlihat estetik, tapi entar kena tumpahan air, coretan krayon, bisa nangis karena laundry teruus.

    BalasHapus
  3. Nggak hanya memperhatikan warna dan motif saja sih ya setiap kali memilih membeli karpet itu. Keadaan di dalam rumah, warna dinding dan interior lain, ekstur. Banyaaaakkk ya detailnya. Namun demi tujuan si karpet hadir di rumah biar kelihatan selaras ya memang harus dipertimbangkan baik-baik sebelum lakukan pembelian. Dan, buatku, lebih nyaman beli langsung sih kalau karpet. Biar bisa dipegang dan dirasakan bahannya seperti apa.

    BalasHapus
  4. Pemilihan karpet yang minimalis memang sangat penting karena karpet itu menjadi salah satu pusat perhatian karena yang besar ukurannya sehingga pasti akan terlihat dan kalau misalnya motifnya terlalu ramai pasti akan bikin pusing betul kenapa harus minimalis

    BalasHapus
  5. Kalau karpet bagusnya pilih warna polos ya buat rumah minimalis. Di rumah ada karpet sih tapi ada motifnya

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.