TINGKATKAN BAHASA INGGRIS DI TEMPAT KURSUS BAHASA INGGRIS BERKUALITAS

Banyak melakukan perjalanan ke luar negeri membuat saya semakin sadar betul, betapa pentingnya Bahasa Inggris. Bagaimana tidak ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri Bahasa Inggris adalah bahasa global yang digunakan untuk berkomunikasi. Apalagi saya yang seorang female solo traveler. Mau tidak mau berkomunikasi dengan lingkungan sekitar hanya mengandalkan diri sendiri.

Ditambah lagi saya sebagai Travel Blogger yang mana sering kali mendapatkan tawaran menulis dalam bahasa Inggris. Rasa-rasanya kemampuan berbicara bahasa Inggris ini menjadi prioritas yang harus terus saya kembangkan. Tidak hanya untuk berkomunikasi, memiliki keahlian dalam bahasa Inggris juga dapat mendatangkan banyak kesempatan dalam dunia bisnis, pendidikan, termasuk menarik kerjasama dengan klien-klien dari luar negeri.

TBI malang temat kursus bahasa inggris berkualitas


Fortunately, Komunitas ISB bekerjasama dengan TBI Malang mengadakan kelas Bahasa Inggris secara online dan gratis untuk semua Blogger di komunitas ISB. Penasaran siapa keduanya? Keep reading.

Yuk, Kenalan Dengan ISB

ISB atau Indonesian Social Blogpreneur adalah komunitas blogger non profit di Indonesia yang memiliki fokus pada pembangunan konten yang berkualitas. Tentunya sesuai dengan kategori atau niche dan minat para Blogger yang akan memberikan manfaat secara moral dan material.

Komunitas Blogger ini didirikan oleh Teh Ani Berta dengan Visi dan Misi yang sangat jelas yaitu "Mengedukasi Blogger melalui artikel event online dan event offline dan diharapkan Blogger menjadi Agent of Change bagi lingkungan sekitarnya". Clear banget ya visi misinya untuk para Blogger.

Visi dan misi di atas membuat komunitas ISB sudah banyak berkontribusi terhadap banyak Blogger di Indonesia khususnya wilayah Jabodetabek. Termasuk saya yang sudah banyak mengikuti kegiatan online dan offline yang diadakan oleh ISB. Sangat membantu mengembangkan kemampuan saya dalam menulis dan pastinya enhance my knowledge of another thing.

Saat ini ISB memiliki kurang lebih 1.888 anggota yang tergabung dalam grup Fan Page Facebook dan terdiri dari Blogger aktif. Tersedia juga group whatsapp. Beberapa program ISB yang selama ini sudah berjalan adalah Pelatihan, Menggali Peluang dan Networking yang semuanya pastinya bermanfaat untuk para Blogger.

Berminat untuk bergabung dengan komunitas yang banyak memberikan peluang pengembangan diri bagi para Blogger ini? Anda dapat mengunjungi websitenya di https://www.komunitasisb.com/ atau akun media sosialnya di di https://www.instagram.com/komunitasisb/. 

Sekilas Tentang TBI

The British Institute yang dikenal dengan nama TBI merupakan salah satu institusi yang berfokus pada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI berdiri pada 18 Februari 1984, yang mana usianya sudah lebih dari 40 tahun, sehingga soal pengalaman dan kualitas pastinya sudah tidak diragukan. 

the british institute atau TBI



Dalam proses pembelajarannya, TBI mendapatkan dukungan penuh dari UTC (UniSadhuGuna Testing Centre). UTC adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang mendapatkan lisensi dari Cambridge University Press and Assessment. Lisensi ini hanya diberikan kepada institusi yang boleh menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

TBI menggunakan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), konsep ini menitikberatkan pelajaran di kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal. Metode ini menjadi salah satu keunggulan TBI sebagai tempat kursus yang cocok untuk belajar bahasa Inggris. Karena sesuai dengan kebutuhan siswanya.

TBI juga memiliki tenaga pengajar asing (native) dan juga lokal (non-native). Keduanya memiliki jam terbang atau pengalaman yang mumpuni dan sudah mendapatkan standar kualifikasi internasional.

TBI memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari Jabodetabek, Bandung, dan juga Malang.

Beberapa hari lalu saya mengikuti pelatihan Bahasa Inggris secara daring bersama TBI Malang yang sangat bermanfaat bagi saya sebagai Travel Blogger. Yaitu bagaimana menulis cerita perjalanan dalam bahasa Inggris agar menarik dan dengan kaidah-kaidah penulisan yang benar. Penasaran dengan kelasnya? Let's check it out.

TBI Malang, Tempat Kursus Bahasa Inggris Berkualitas dan Berpengalaman

Penasaran apa saja program bahasa Inggris di TBI Malang? Dan berikut adalah beberapa program TBI Malang yang dapat anda pilih.

Core Program

    • Young Learner English
    • Pre - Teenager English
    • Teenager English
    • Global English
    • Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
    • Professional English
    • Corporate Training

Customized Programmes

    • Workshop for Professionals
    • Private Classes
    • International Exam Prediction Test
    • Short Course

Powered by UTC

    • ICAS
    • Teacher Training
    • CELTA
    • Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)
    • Digital Learning

Itu dia beberapa program dari TBI Malang yang dapat anda pilih. TBI Malang akan membantu siswanya mengeksplor kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Dan pastikan anda memilih program sesuai dengan yang anda butuhkan.

tempat kursus TBI Malang


Kenapa harus mengambil kelas Bahasa Inggris di TBI Malang? Karena TBI Malang memiliki banyak keunggulan. Dan ini dia beberapa keunggulan TBI Malang sebagai tempat kursus bahasa Inggris yang berkualitas dan terpercaya.

1. Program kelas berkualitas

Saya pribadi, saat memilih tempat kursus, kualitas adalah pertimbangn pertama yang wajib diperhitungkan. Dan TBI Malang secara kualitas tentunya sudah tidak diragukan lagi.

Mulai dari metode pengajaran yang mendapatkan dukungan penuh dari UTC, atmosfer kelas, tenaga pendidik yang sudah sesuai dengan standar internasional, kurikulum, sampai dengan modul atau panduan yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

2. Sistem pembelajaran beragam

TBI Malang menggunakan sistem pembelajaran secara Online Learning dan Offline Learning. Fleksibelnya sistem belajar ini membuat siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Karena kelasnya dapat diakses dari mana saja dan aplikatif.

3. Memiliki lokasi yang strategis

TBI Malang berada di lokasi yang strategis dekat dengan berbagai fasilitas umum, sehingga sangat mudah untuk dijangkau oleh para siswanya. Mulai dari pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan lainnya.

4. Jadwal kelas yang bervariasi

TBI Malang memiliki jadwal kelas yang bervariasi, sehingga siswa dapat memilih jadwal sesuai dengan kebutuhannya. Tentu saja hal ini memungkinkan pemilihan jadwal lebih fleksibel. Siswa dapat memilih jadwal mulai dari Senin sampai dengan Sabtu. Mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Bagi yang ingin mendaftarkan anaknya di kelas Children yaitu usia 4 - 9 tahun, anda dapat mencoba kelas terlebih dahulu. Percobaan ini untuk memastikan apakah kelasnya sesuai dengan level dan apakah anak bisa mengikutinya atau tidak. Jika belum sesuai pastinya anda dapat memindahkan anak sesuai dengan level kemampuannya.

5. Biaya kursus terjangkau

TBI Malang menawarkan harga kursus yang sangat terjangkau bagi siswa-siswanya. Apalagi setiap bulannya selalu ada promo yang bisa anda ambil, membuat biaya kursus menjadi semakin terjangkau.

Khusus di bulan Juli ini TBI Malang, ada promo Back To School dari tanggal 15 Juli - 31 Juli 2024 menawarkan diskon s/d 1,5 JUTA RUPIAH untuk program Preschooler, Very Young Learners, Children, Pre-teenager, dan Teenager.

Dan khusus di bulan Juli ini dapatkan Lucky Dip (Study Voucher & Shopping Voucher) TBI BACK TO SCHOOL 2024! Dan jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan Grand Prize: Smart Tablet* (*terdapat di sekolah tertentu)

6. Program kursus sesuai tingkat kemampuan & kebutuhan

Selain kelas publik yang meliputi untuk anak-anak dan remaja, TBI Malang juga menyediakan kelas kursus bahasa Inggris bagi perusahaan maupun institusi yang ingin meningkatkan keterampilan bahasa Inggris untuk karyawannya.

Program ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan dengan tutor bersertifikasi internasional. Biasanya program-program perusahaan ini dalam rangka mendukung promosi jabatan dan pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

Pengalaman Mengambil Kelas Bahasa Inggris Bersama TBI Malang

Lalu bagaimana pengalaman saya mengikuti kelas bahasa Inggris di TBI Malang selama tiga hari bersama blogger-blogger keren dari Komunitas ISB?

Tempat kursus bahasa Inggris TBI Malang


Kelas ini hanya diadakan selama tiga hari. Peserta kelasnya sekitar delapan orang. Jumlah ini membuat kelas menjadi lebih efektif dan atraktif. Dan pastinya kelasnya seru banget. Kelas dimulai pada hari Selasa sampai dengan Kamis sekitar pukul 10.00 - 12.00 WIB.

Selama tiga hari ini kami dipandu tutor yang sangat menyenangkan yaitu Miss Agnes di hari pertama dan kedua, sementara hari ketiga dipandu oleh Miss Prima. Kedua tutor ini sangat menyenangkan membuat suasana kelas menjadi menyenangkan.

Kami juga ditemani Kak Aya perwakilan dari TBI Malang. DI hari pertama Teh Ani Berta turut serta membuka kelas hari pertama. Dan di hari terakhir Mba Diah Pratiwi Soehendro sebagai Marketing Manager TBI juga hadir menutup kelas bahasa Inggris.

day 1 TBI Malang


Hari pertama kami belajar writing dengan menulis artikel tentang Movies Reviews dan Restaurant Reviews yang ditutori oleh Miss Agnes. Hari ketiga kami juga belajar mengenai writing dengan tema Report News yang dipandu oleh Miss Prima.

Selama tiga hari itu kami juga belajar speaking, listening, dan juga reading pastinya. Perlahan tapi pasti, kemampuan bahasa Inggris di kelas ini pastinya ada peningkatan. Apalagi mengingat antusias peserta kelas sangat menyenangkan dan bersemangat.

day 2 TBI Malang


Setiap sesinya ada break room, tentu saja kami akan berdiskusi sesuai dengan tema. Kelas yang dibagi di beberapa ruangan zoom ini pastinya semakin melatih speaking dan vocabulary kami.

Setiap harinya juga kami diminta untuk aktif di kelas agar kemampuan speaking dalam bahasa Inggris kami terus dan terus meningkat. Tentu saja hal ini juga mendorong keberanian kami untuk berani berbicara.

Tugas menulis yang diberikan setiap harinya juga membantu meningkatkan kemampuan kami dalam hal writing. Happy banget mengikuti kelas bahasa Inggris bersama TBI Malang dan para Blogger dari ISB walaupun hanya tiga hari.

day 3 TBI Malang


Pengalaman belajar bahasa Inggris di TBI Malang ini sangat bermanfaat untuk saya pribadi. Juga mendapatkan teman sekelas yang sangat antusias. Ditambah tutor yang sangat atraktif juga membuat saya dan teman-teman sekelas makin bersemangat menunggu kelas esok harinya lagi.

Tugas-tugas yang diberikan setia harinya juga sangat membantu kami dalam meningkatkan kemampuan writing, speaking, reading, dan juga listening. Pada dasarnya memang bahasa Inggris ini harus banyak dipraktekin agar tidak lupa dan tidak kaku lagi saat berbicara.

Saya mendapatkan sebuah quote yang sangat menginspirasi ketika ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Saya dapatkan quote ini dari Mba Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI.

“Writing skill termasuk skill aktif, ketika kemampuan menulis dalam bahasa Inggris tidak rutin dilatih maka akan tumpul. Latihan yang konsisten serta mencari bimbingan yang tepat dapat memperbaiki tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat ingin mengekspresikan ide dalam menggunakan bahasa Inggris.”

Sepakat banget dengan quote yang Mba Indah ucapkan, kemampuan itu akan memudar kalau kita tidak mempraktekannya. Termasuk kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Jadi mari terus belajar agar skill kita dalam menulis bahasa Inggris tidak tumpul.

The last but not least, terima kasih Komunitas ISB, terima kasih Teteh Ani Berta, dan TBI Malang sudah mengadakan kelas yang sangat bermanfaat ini. Sukses selalu untuk ISB dan TBI Malang.

Info lebih lanjut yang ingin belajar bahasa Inggris di TBI Malang, anda dapat menghubungi contact berikut:

Phone           +62 896 4894 2323
Website       : www.tbi.co.id
YouTube      : The British Institute
Instagram : @tbi_malang
Facebook : TBI British Institute Malang

1 Coment

  1. kita yang udah lulus sekolah masih ingin terus mengasah kemampuan bahasa inggris, aku dulu waktu kuliah sampe ga keitung les bahasa dimana aja, karena pengen bisa.
    apalagi sekarang ini bahasa Inggris memang menjadi bahasa global ya,minimal kalau ngomong sama orang asing dengan bahasa inggris juga

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.