7 DESAIN RUANG KERJA ESTETIK DI RUMAH

Ruang kerja merupakan salah satu area penting, terutama bagi saya yang hampir seratus persen bekerja dari rumah. Maka dari itu menciptakan ruang kerja yang nyaman dengan desain minimalis dan estetik menjadi hal yang sangat penting. Selain dapat membantu meningkatkan produktivitas, menjaga mood, mempermudah mencari ide kerja, tentunya juga ruang kerja yang nyaman akan membuat kerja kita semakin fokus dan lebih tenang.

desain ruang kerja estetik


7 Desain Ruang Kerja Estetik Di Rumah

1. Pilih desain warna ruangan yang menenangkan

Pilih warna yang dinding dan juga furnitur ruang kerja yang mampu menciptakan suasana yang nyaman. Beberapa contoh pilihan warna yang menenangkan adalah putih, pastel, atau warna-warna netral seperti abu-abu atau beige. Selain menenangkan, warna-warna cerah dan lembut ini memberikan kesan ruang kerja yang lebih luas dan bersih, sehingga membuat kerja anda semakin fokus.

Namun anda juga dapat mengkombinasikan warna-wana di atas dengan warna lainya yang gelap. Namun pastinya jangan terlalu berlebihan sehingga tetap warna menenangkan lebih mendominasi.

desain ruang kerja yang menenangkan


2. Pastikan memiliki pencahayaan yang cukup

Pencahayaan pada ruang kerja menjadi salah satu desain penting yang wajib diperhatikan. Baik itu dari pemilihan furnitur pencahayaan seperti lampu maupun dari cahaya itu sendiri. Pencahayaan pada siang hari dapat memanfaatkan sinar matahari jika ruangan anda berada di area yang langsung terkena sinar matahari. Cahaya alami ini akan membuat ruangan tampak lebih segar alami.

desain ruang kerja dengan pencahayaan yang cukup


Sementara jika malam hari atau ruang kerja anda tidak terkena sinar matahari langsung, anda dapat menggunakan cahaya lampu dengan desain lampu yang estetik. Seperti lampu meja atau standing lamp atau jenis lainnya yang cocok dengan ruangan kerja anda. Pilih lampu dengan warna terang dan putih yang akan membuat ruang kerja hangat, nyaman, bersih dan terlihat terang.

3. Pilih furnitur yang estetik

Memilih furnitur yang tepat akan membuat ruang kerja semakin nyaman untuk digunakan. Selain itu juga akan menciptakan ruang kerja yang estetik. Mulai dari meja kerja, kursi, lemari kerja, dan perlengkapan kerja lainnya.

Pilih barang-barang yang juga memberikan kesan minimalis sehingga akan membuat ruang kerja anda terlihat lebih luas. Jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor ergonomis untuk kesehatan anda dalam memilih furnitur seperti meja dan kursi kerja.

desain ruang kerja dengan furnitur estetik


4. Tambahkan tanaman hijau

Menambahkan tanaman hijau yang tepat pada ruang kerja anda akan menambah ruang semakin estetik. Selain itu tanaman ini akan menciptakan efek ruangan yang semakin segar alami serta membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan kerja anda. Tentunya juga akan membuat ruangan anda semakin cantik.

desain ruang kerja dengan tanaman hijau


5. Tambahkan hiasan dinding

Hiasan dinding pada ruang kerja akan membantu mempercantik ruang kerja. Juga dapat memberikan energi dan semangat saat bekerja. Anda bisa memasang poster, lukisan, atau kata-kata mutiara yang dapat memotivasi diri anda ketika bekerja.

Tidak hanya hiasan, anda juga dapat memasang rak dinding yang warnanya senada dengan ruang kerja. Anda dapat menjadikannya tempat menyimpan buku, hiasan, atau lainnya.

desain ruang kerja dengan hiasan dinding


6. Tambahkan karpet yang nyaman

Karpet menjadi salah satu tambahan barang yang cukup penting untuk membuat ruang kerja semakin estetik. Selain itu juga membantu membuat ruangan tetap hangat dan kaki anda juga tetap hangat selama bekerja karena kaki tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Pilih desain karpet untuk ruangan yang senada dengan warna ruangan dan furnitur agar kombinasi warna ini membuat ruang kerja anda semakin cantik dan estetik.

karpet untuk ruang kerja estetik


7. Perhatikan kebersihan dan kerapian ruangan

Pastikan ruang kerja anda tetap dalam kondisi bersih dari sampah atau pun dari barang yang berantakan. Rapikan kabel dan bungkus dengan kabel organizer atau klip khusus untuk kabel.

Pilih furnitur yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan kabel sehingga kabel yang dipasang tidak terlihat. Simpan kembali barang yang sudah selesai digunakan. Sediakan tempat sampah yang juga dapat dipilih dengan desain yang estetik.

desain ruang kerja yang rapi dan bersih


Itu dia 7 desain ruang kerja estetik di rumah yang akan membuat ruang kerja anda terlihat estetik dan juga tetap nyaman. Memilih warna yang menenangkan, memilih furnitur yang tepat, menambahkan tanaman hijau, menambahkan hiasan dinding, menambah karpet, dan  memperhatikan pencahayaan serta kebersihan dan kerapian ruang kerja, akan membuat ruang kerja anda nyaman dan menyenangkan. Tentu saja membuat anda juga semakin produktif.

7 Coment

  1. Ngomongin desain rumah pasti ingat rumah impian masing masing wanita....pingin model ABC entah kapan terealisasinya yang penting ikhtiar dulu kan ya hehe

    BalasHapus
  2. Saya suka nih yang warnanya putih-putih. Bersih cyin....
    Nomer 5 paling saya suka. Simpel, ga keramean.

    BalasHapus
  3. Cantik sekali desain ruangannya. Terutama kalau ada tambahan tanaman hijau. Pasti terasa lebih segar dan nyaman.

    BalasHapus
  4. Pengen banget punya office house yang oke. Biar gak numpang kerja mulu di meja kerja suami. Kekeke. Terima kasih rekomendasi-rekomendasinya mbak.

    BalasHapus
  5. Memang kak ornamen hijau dari tumbuhan gak boleh diskip kalo pengen suasana ruang kerja kita lebih menyenangkan dan menenangkan. Oh ya kalo aku suka hiasan dinding yang simple kak. Minimalis gitu.

    BalasHapus
  6. Saat pandemi suamiku harus WFH, setelahnya pun sesekali ada jadwal WFH. Karenanya aku mengubah ruang kerja di rumah sehingga terlihat estetik dan juga nyaman..

    BalasHapus
  7. Kalau ruang kerja saya seperti yang ada di foto di artikel kaka, mungkin saya tidak akan keluar keluar dari ruangan itu saking nyamannya. Memang ruang kerja harus nyaman agar bekerja tidak terdistraksi

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.